GT: Uncertainty

Posted by Gamada 08 on Jun 9, 2011 in Catatan Mahasiswa |

Ada kecenderungan seseorang memilih untuk mendapat hadiah dengan nominal moneter sedikit, tanpa diikuti dengan pembayaran bermacam-macam daripada mendapat hadiah dengan nilai moneter besar, tetapi pada saat penerimaan hadiah si penerima diminta untuk membayar berbagai biaya misal biaya administrasi, biaya pengiriman, PPN, dll. Hal ini dibuktkan dengan eksperimen kecil yang dilakukan di dalam kelas yang disasarkan atas konsep Loss & Forgone Gain. Rule of game dari permainan ini cukup sederhana. Ada dua pasangan pilihan pekerjaan dengan karaktersitik risiko dan keuntungan yang berbeda. Seseorang diminta untuk mengemukakan preferensinya antara pilihan pekerjaan  A atau B. Jika seseorang memilih pekerjaan A ada kesempatan bagi seseorang untuk mendapat keuntungan atau menderita kerugian, masing-masing sebesar 50%. Jika seseorang memilih pekerjaan B dia pasti mendapat keuntungan sebesar nilai moneter Rp25.000,00. Permainan yang kedua pilihannya diganti C dengan D. Jika seseorang memilih C ada ancaman untuk menderita rugi minimal atau rugi maksimal, jika rugi minimal besarnya rugi adalah sebesar RpO sedangkan jika rugi maksimal besarnya rugi adalah Rp50.000,00 probabilitinya fifty-fifty  dan jika seseorang memilih D maka besarnya kerugian yang diderita orang tersebut dapat dipastikan sebesar Rp25.000,00 .

Sebenarnya, jika dihitung secara matematis seseorang yang memilih pekerjaan dengan hasil yang tidak pasti (probabilitas untung atau rugi sama-sama 50%) dengan memilih pekerjaan yang sama sekali tidak ada risikonya, tetapi memberikan keuntungan sebesar Rp25.000,00 maka meskipun sama-sama memperoleh hasil yang indifference (sama) di akhir perhitungan Pa=Pb, pertanyaannya kenapa kebanyakan orang justru lebih memilih pilihan B ketimbang A. Simpel saja, Hal ini ternyata ada yang mempengaruhinya. Penjelasan tentang hal ini dapat diketahui setelah diadakannya eksperimen mengenai perilaku ekonomi antarseseorang yang ternyata dipengaruhi oleh tingkat risiko salah satunya. Semakin tinggi uncertainty untung atau rugi yang akan diterima seseorang, maka orang tersebut cenderung untuk melakukan aktivitas ekonomi yang aman-aman saja (memilih pilihan B) karena pilihan B tingkat risiko kehilangan uang lebih kecil dibanding A atau justru tidak ada sama sekali.

Eksperimen tersebut sekarang diperluas. Jika eksperimen awal menggenaralisir bahwa kebanyakan orang berperilaku risk averse terhadap uncertainty maka dengan perluasan eksperimen sekarang dibedakan subyek penelitiannya yaitu antara laki-laki dan perempuan. Observasi dilakukan kepada usahawan dengan menggunakan teknik random sampling. Hasilnya cukup mengejutkan ternyata gender mempengaruhi secara signifikan terhadap perilaku ekonomi seseorang.

Temuan di lapangan menunjukkan usahawan pria cenderung loss adverse (ekstra konservatif) daripada wanita. Usahawan pria memilih untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan uncertainty yang rendah dari pada bertaruh untuk hal yang tidak pasti. Temuan ini beralasan karena pada dasarnya pria adalah kepala rumah tangga. Ia bertanggungjawab terhadap istri, anak, beserta anggota keluarga yang lain. Kewajiban seorang suami adalah memberi nafkah keluarganya, jadi agar bisa mencukupi nafkah tersebut seorang suami harus memiliki penghasilan. Besar kecilnya penghasilan berhubungan dengan jenis pekerjaan dan risiko pekerjaan.  Unsur uncertainty terdapat pada risiko pekerjaan sehingga jika dihadapkan antara dua macam pilihan seperti hal di atas  maka kecenderungan usahawan pria lebih memilih untuk survive dengan keuntungan minimal tanpa risiko daripada untung maksimal dengan penuh risiko.

 

8 Comments

quest bars
Feb 8, 2016 at 8:05 pm

Hello, I wish for to subscribe for this web site to get hottest updates, thus where can i do it please help.


 
Quest Bars
Feb 9, 2016 at 7:30 am

It’s amazing for me to have a website, which is good for my knowledge.
thanks admin


 
minecraft.exe
Feb 21, 2016 at 12:57 pm

I was suggested this website by way of my cousin. I’m no longer certain whether this publish is
written via him as nobody else recognise such certain about my problem.
You’re incredible! Thanks!


 

I’d like to find out more? I’d love to find out more details.


 

I’m not sure where you’re getting your info, but great topic.
I needs to spend some time learning much more or understanding more.
Thanks for excellent info I was looking for this information for my mission.


 
Limewire Free Music Downloads
Mar 7, 2016 at 6:01 pm

Hey! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that
would be okay. I’m definitely enjoying your blog and
look forward to new updates.


 
Limewire Free Music Downloads
Mar 8, 2016 at 6:24 am

An interesting discussion is definitely worth comment.
There’s no doubt that that you ought to write more on this subject matter, it may
not be a taboo subject but generally folks don’t speak about
such subjects. To the next! Kind regards!!


 
how to get quality backlinks
Mar 15, 2016 at 8:57 pm

hvjnrdjhh adccn okebfum cmef egzjmsmeffjcgcb


 

Reply

Copyright © 2020 Both, Play Hard Work Hard All rights reserved. Theme by Laptop Geek.